Formula Untuk Indonesia

“FORMULA UNTUK INDONESIA” Bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas  Trisakti Membantu Mengatasi Permasalahan Gigi dan Mulut Masyarakat Belitung

 

Belitung, 8 Agustus 2016 – Kesehatan gigi dan mulut penting untuk diperhatikan.  Namun tingkat kesadaran serta pengetahuan untuk merawat gigi di Indonesia masih terbilang rendah. Berdasarkan Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Nasional tahun 2013 menunjukan angka karies gigi (DMF-T) rata-rata di Kabupaten Belitung adalah 8,5 yang berarti dari 28 gigi manusia rata-rata terdapat 8-9 gigi yang mengalami masalah. Tingginya rata-rata kerusakan gigi tersebut disebabkan oleh kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Keadaan ini diperparah dengan jumlah tenaga kesehatan yang jauh dari komposisi ideal.  Fakta-fakta tersebut mendorong Formula, sebagai merek perawatan gigi asli Indonesia, berkomitmen untuk membantu mengatasi permasalahan gigi masyarakat Indonesia melalui program “Formula untuk Indonesia”. Bekerja sama dengan sejumlah pihak, Formula menjalankan program tersebut di  wilayah-wilayah Indonesia yang membutuhkan. Pada kesempatan kali ini dilakukan di Kabupaten Belitung, pada tanggal 8-10 Agustus 2016.

Dalam perjalanannya sebagai merek asli Indonesia yang bergerak di bidang perawatan gigi dan mulut, Formula menemukan banyak kendala dalam merawat gigi dan mulut. Selain kesadaran dan tingkat pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut yang masih rendah, ternyata kemajemukan budaya dan kebiasaan masing-masing daerah dapat pula juga menjadi pangkal permasalahan. Misalnya saja kebiasaan makan masyarakat Palembang mengonsumsi makanan yang mengandung asam dan cuka, dapat berakibat pada rentannya mereka mengalami pengeroposan gigi. Bahkan di salah satu wilayah di Malang, Formula menemukan fakta dimana masyarakatnya menggunakan satu sikat gigi bersama-sama. Tentu saja, bila semua hal tersebut tidak dibarengi dengan kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai cara merawat gigi yang benar, maka permasalahan gigi dan mulut di Indonesia akan semakin memburuk.

Berangkat dari semua fakta di atas, Formula menggagas program Formula untuk Indonesia, sebuah Brand Social Activity yang memiliki misi menjangkau seluruh daerah di Indonesia untuk menciptakan kesadaran masyarakat dengan kesehatan gigi dan mulut yang baik. Formula sadar akan tujuan mulia tersebut.  Sehingga disadari akan lebih maksimal bila dijalankan dengan dukungan dari banyak pihak. Oleh karenanya untuk mencapai misi ini, kami tidak selalu berjalan sendiri melainkan juga bersama institusi-institusi lain yang berkaitan,” cerita Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT.

Ada beragam kegiatan yang dilakukan oleh Formula untuk Indonesia. Misalnya adalah penyuluhan dan pemeriksaan gigi gratis bagi anak-anak di PAUD maupun masyarakat umum di Pulau Jawa, Sumatera dan beberapa wilayah lainnya. Selain itu, Formula juga bekerja sama dengan berbagai Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), seperti kegiatan bakti sosial yang dilakukan bersama FKG Prof. Dr. Moestopo bertempat di wilayah pasca bencana Gunung Kelud (2014), bersama FKG Universitas Indonesia di Lombok serta FKG Universitas Trisakti di Ambon (2014) dan Kupang – NTT (2015).

 

Melanjutkan komitmen inilah, maka pada kesempatan kali ini Formula untuk Indonesia  bekerja sama dengan FKG Universitas Trisakti menyasar wilayah Indonesia Bagian Barat,  tepatnya di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung. “Di kepulauan ini, ditemukan angka rata- rata kejadian tingkat karies di 8.5. Angka yang terbilang tinggi. Di Kecamatan Tanjung Pandan - Belitung, hanya ada 6 dokter gigi yang melayani kurang lebih 175.408 penduduk”  jelas Hari.   Padahal rasio ideal menurut data WHO adalah 1 dokter untuk 2.500 penduduk.

“Kegiatan yang kami lakukan kali ini adalah Kegiatan Pengenalan Lapangan (KPL) mahasiswa FKG Universitas Trisakti sebagai pengabdian kepada masyarakat Indonesia. Kami berharap kedatangan kami bersama Formula ini dapat membantu mengatasi masalah kesehatan gigi serta meningkatkan kesadaran dan pengetahuan pentingnya masalah gigi dan mulut masyarakat Tanjung Pandan, Belitung,” tegas drg. Sri Lestari selaku Wakil Dekan III FKG Universitas Trisakti.

Kegiatan Formula untuk Indonesia bersama FKG Universitas Trisakti ini melibatkan 124 mahasiswa (Klinik dan Non Klinik), 41 panitia dan bagian pendidikan, dan 12 Dosen dan staff pengajar. Bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, program ini ditargetkan dapat menangani kurang lebih 3.500 penduduk Tanjung Pandan, melalui kegiatan pemerikasaan dan pengobatan gigi gratis serta penyuluhan. Pemeriksaan dan pengobatan mengurangi permasalahan gigi yang ada. Selain itu, upaya promotif yang dilakukan melalui penyuluhan gigi diharapkan pula dapat meningkatkan kepedulian masyarakat untuk merawat kesehatan gigi dan mulut mereka.

 

“Kesamaan misi untuk menyehatkan gigi dan mulut masyarakat Indonesia inilah, yang membuat FKG Universitas Trisakti berkolaborasi dengan Formula sejak tahun 2014. Kami harap tentunya, kerja sama ini dapat pula menjangkau daerah- daerah lain, sebab masih banyak wilayah yang memerlukan bantuan semacam ini,” lanjut drg. Sri.

Memberi dukungan pada berbagai kegiatan sosial tentunya akan membantu Formula mencapai misinya yaitu Formula untuk Indonesia. “Komitmen ini akan terus kami jalankan. Ini adalah bukti kepedulian Formula sebagai brand asli Indonesia agar terus berkontribusi positif bagi negeri, terutama dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia,” tutup Hari.

Tentang Formula

Formula telah menemani dan menjaga kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia selama hampir 28 tahun. Berbagai produk berkualitas tinggi dan penuh inovasi telah diluncurkan. Di tahun 2015, Formula melalui kampanye Ayo Ganti yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali dan menggunakan pasta gigi yang terbukti melindungi gigi dari asam penyebab pengeroposan gigi. Kampanye Ayo Ganti ini telah dijalankan di beberapa kota, yaitu Palembang, Banten, Makassar, Sidoarjo dan selanjutnya akan dijalankan di Garut dan Tasikmalaya.

Saat ini, Formula sebagai brand yang peduli akan  kesehatan gigi dan mulut masyarakat hadir dalam      4 rangkaian produk untuk memenuhi kebutuhan gigi dan mulut yang berbeda-beda, yaitu Formula Protector, Formula Sparkling White, Formula Confident, Formula Sensitive Active Care dengan produk terbaru Formula Charcoal, pasta gigi pertama di Indonesia yang menggunakan micro charcoal, tea tree oil dan Bamboo Mint serta Sikat Gigi Formula Nano Charcoal.