Tentang OT
OT adalah perusahaan consumer goods yang memproduksi berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari. Berawal dari minuman kesehatan tradisional dengan bahan dan proses terstandar berkualitas tinggi, OT telah berkembang semakin modern tanpa meninggalkan nilai-nilai positif dan luhur yang dicetuskan oleh pendiri perusahaan.
Beragam produk mulai dari makanan, minuman, hingga produk perawatan diri telah lama menjadi bagian dari kehidupan konsumen Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Formula, Tango, Teh Gelas, MintZ, Blaster, Oops, dan Kiranti.
Bahkan, karena kualitasnya, produk OT telah hadir di pasar internasional dan dapat dinikmati oleh konsumen mancanegara.
Dengan tetap fokus pada kebutuhan konsumen dan juga terus melakukan inovasi, OT telah meluncurkan produk-produk unggulan sehingga meraih berbagai macam penghargaan melalui lembaga survey yang diakui secara nasional maupun internasional.
Semua prestasi yang telah dicapai ini tentu tidak lepas dari dukungan konsumen, karyawan, serta nilai-nilai yang telah kami yakini sejak awal. Seluruh kepercayaan dan kerja keras dari berbagai pihak telah membentuk OT menjadi perusahaan yang berkomitmen tinggi untuk selalu berusaha menyempurnakan produk dan proses kerja demi memenuhi kebutuhan konsumen.
Visi & Misi
Vision
GO BEYOND
Mission
We exist to brighten and delight the lives of Customers, Employees, Shareholders, and Society by creating and meeting consumers needs.
Nilai
IN GOD WE TRUST
Beriman kepada Tuhan dalam berkarya (TAAT).
Tuhan berfirman. Aku percaya dan melakukan. Aku melakukan yang aku bisa. Tuhan melakukan yang aku tidak bisa.
INTEGRITY
Jujur, tidak berkompromi terhadap kepalsuan/ penyimpangan, berani berterus terang dan bertanggung jawab.
Komitmen diri pada karakter ketimbang pada keuntungan pribadi, pada orang ketimbang pada benda, pada pelayanan ketimbang pada kekuasaan, pada prinsip ketimbang pada kesenangan, pada pandangan jangka panjang ketimbang jangka pendek.
RELATIONSHIP
Hubungan yang sehat, saling membangun dan saling menguatkan antar Customers, Employees, Shareholders, and Society.
Kami mau membangun satu keluarga besar antara konsumen, karyawan dan keluarganya, pemegang saham dan pihak-pihak terkait lainnya berlandaskan pada iman, keterbukaan, empati, saling menghormati dan percaya untuk memperoleh serta meningkatkan kemakmuran bersama.
WINNING SPIRIT
Sebagai pemenang, memiliki semangat dan tekad untuk selalu menaklukkan musuh dalam segala hal.
Kami memiliki semangat sebagai pemenang dengan berpikir sebagai pemenang, bersiap menjadi pemenang, bekerja serupa pemenang, serta memiliki tekad untuk terus belajar, berlatih dan bisa dalam bekerja untuk memberikan hasil
yang semakin sehari semakin baik.
INNOVATION
Berani berubah, cerdik dalam mencari, menggali dan menemukan solusi-solusi inovatif. Bagi kami inovasi berarti dengan cerdik mencari, menggali, menemukan dan mencoba ide-ide baru serta berani berubah dengan selalu belajar, berlatih
dan bisa serta menerapkan perkembangan teknologi untuk senantiasa meningkatkan kemakmuran bersama.
Sejarah OT
OT telah bertransformasi dari perusahaan yang hanya memproduksi minuman kesehatan tradisional menjadi perusahaan besar yang menghadirkan berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari.
1948
OT memulai perjalanannya di Indonesia melalui produk minuman kesehatan tradisional. Saat itu, penerimaan masyarakat terhadap produk ini sangat baik dan semakin meluas. Oleh karena itu, setelah memiliki pabrik pertama di Semarang,
OT membangun pabrik keduanya di Jakarta.
1984
Seiring perkembangan kebutuhan konsumen akan produk sehari-hari, OT memutuskan untuk masuk ke bisnis consumer goods dengan berinvestasi pada pembangunan berbagai fasilitas produksi serta unit usaha baru. Pasta dan sikat gigi dengan merek FORMULA menjadi produk pertama yang diproduksi. Satu tahun kemudian, OT membentuk holding company dengan nama ADA, yang merupakan singkatan dari Attention, Direction, and Action. Di bawah bendera ADA, pengembangan usaha, diversifikasi produk, dan peningkatan kapasitas produksi terus menjadi target yang berhasil dijalankan. Di tahun ini pula, OT menunjuk PT. Arta Boga Cemerlang sebagai distributor tunggal yang dipercaya untuk menangani dan menguasai jalur distribusi produk OT di seluruh Indonesia.
1995
Pada tahun ini, ADA berganti nama menjadi ORANG TUA. Merek ORANG TUA yang kaya akan nilai historis ternyata telah mengakar pada masyarakat Indonesia sehingga hal ini menjadi satu keuntungan bagi perusahaan. Setelah berganti nama, bisnis berkembang dengan pesat. Untuk itu, di tahun ini pula ORANG TUA memutuskan untuk melakukan perubahan logo.
2004
Logo ORANG TUA (OT) kembali diperbaharui agar lebih mencerminkan OT sebagai perusahaan consumer goods yang dinamis, penuh semangat, berjiwa muda, dan menjadi kebanggaan bagi karyawannya.
Kini, bisnis OT semakin berkembang dengan penambahan unit usaha dan produk baru, yaitu :
- Makanan (wafer, biskuit, cokelat, permen, kacang, dan makanan penutup)
- Minuman (teh siap minum dan minuman kesehatan)
- Perawatan Diri (perawatan gigi dan mulut, rambut, dan pisau cukur).
2011
PT CASA VERDE INDONESIA (CVI) didirikan sebagai awal OT masuk dalam bisnis sanitasi dan kebersihan. Produk-produk PT CVI melayani kebutuhan internal perusahaan (kantor dan pabrik) serta eksternal (hotel, restoran, rumah sakit, dll.).
2016
Dengan merek Crystalline, OT melebarkan sayapnya ke bisnis air minum dalam kemasan (AMDK). Crystalline pertama kali diluncurkan dalam kemasan botol plastik PET. Lini produk Crystalline terus berkembang, dengan mengeluarkan produk kemasan cup, dan galon.
2019
OT masuk pasar susu dengan merek Tango. Dengan menggunakan teknologi aseptic dan UHT, Susu Tango tersedia dalam kemasan botol plastik PET dan kemasan kotak (tetra). Hari ini OT sudah memiliki 2 merek di kategori susu: Susu Tango dan Milk-Ido.
2020
Pandemi Covid-19 membuka peluang bagi OT. PT CASA VERDE INDONESIA (CVI), memasarkan produk-produk sanitasi dan kebersihannya ke konsumen dengan merek PRIMA PROTECT+, dimulai dengan produk hand sanitizer cair. CVI terus menambah lini produknya seperti hand sanitizer gel, masker, hand soap, tisu basah (wet wipes) dan sabun kesehatan (bar soap), sehingga CVI semakin dikenal luas dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.
Prestasi
Komitmen OT akan inovasi dan kualitas produk, berhasil membawa kami dari satu penghargaan ke penghargaan lainnya. Beberapa penghargaan bahkan berhasil dimenangkan secara rutin setiap tahun, seperti Top Brand Award yang diberikan kepada merek-merek terbaik pilihan konsumen, Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) yang diberikan kepada produk dengan tingkat kepuasan konsumen tertinggi, dan penghargaan Superior Taste Award yang diberikan oleh International Taste and Quality Institute (iTQi) Belgium kepada produk dengan kualitas rasa, tekstur, dan komposisi bahan terbaik.
Semua pencapaian ini adalah bukti nyata kepercayaan konsumen kami sekaligus menjadi motivasi bagi OT untuk meningkatkan kualitas dengan terus berinovasi. Terima kasih untuk Anda, konsumen setia kami!