Aksi Korporasi dalam Rangka 70 Tahun OT GROUP Melalui Program “FORMULA UNTUK INDONESIA”

Batam, 6 Agustus 2018 – Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Namun sebagian masyarakat Indonesia di beberapa daerah masih memiliki tingkat kesadaran dan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut yang tergolong rendah. Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Nasional tahun 2013 menunjukkan angka karies gigi (DMF-T) rata-rata di Kota Batam, Kepulauan Riau adalah 4,9 yang berarti dari 32 gigi yang dimiliki oleh masyarakat Kota Batam, Kepulauan Riau rata-rata 5 gigi di antaranya bermasalah. Keadaan ini diperparah dengan jumlah tenaga kesehatan yang jauh dari komposisi ideal. Di Kota Batam, Kepulauan Riau, berdasarkan data Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) tahun 2013 jumlah dokter gigi hanya 177 orang. Fakta-fakta memprihatinkan tersebut mendorong Formula, sebagai merek perawatan gigi asli Indonesia, berkomitmen untuk membantu mengatasi permasalahan gigi masyarakat Indonesia melalui program “Formula untuk Indonesia” yang bekerja sama dengan sejumlah pihak. Pada kesempatan kali ini Formula menggandeng FKG Trisakti, dan dilaksanakan di Kota Batam, Kepulauan Riau pada tanggal 6-11 Agustus 2018.

Formula sebagai merek asli Indonesia dan merupakan bagian dari salah satu korporasi FMCG di Indonesia, OT group, yang pada tahun 2018 berusia 70 tahun,  secara konsisten melayani masyarakat di bidang perawatan gigi dan mulut. Formula, menemukan banyak permasalahan dalam perawatan gigi dan mulut. Selain kesadaran dan tingkat pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut yang masih rendah, ternyata kemajemukan budaya dan kebiasaan masing-masing daerah dapat juga menjadi pangkal permasalahan. Misalnya saja kebiasaan masyarakat Palembang mengonsumsi makanan yang mengandung asam dan cuka, yang berakibat pada rentannya mereka mengalami pengeroposan gigi. Bahkan di salah satu wilayah di Malang, Formula menemukan fakta dimana masyarakatnya menggunakan satu sikat gigi bersama-sama. Tentu saja, bila hal tersebut dibiarkan tanpa didukung kegiatan yang sifatnya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai cara merawat gigi yang benar, maka permasalahan gigi dan mulut di Indonesia akan semakin memburuk.

Berangkat dari semua fakta di atas, Formula menggagas program Formula untuk Indonesia, sebuah Brand Social Activity yang memiliki misi menjangkau seluruh daerah di Indonesia untuk menumbuhkan dan mendorong kesadaran masyarakat terhadap perawatan kesehatan gigi dan mulut yang baik dan benar. Misi mulia ini akan lebih optimal bila dijalankan dengan dukungan dari banyak pihak. “Tahun ini OT berusia 70 tahun, perusahaan kami hadir untuk melayani kebutuhan masyarakat akan beragam produk konsumen. Salah satunya produk kesehatan gigi dan mulut, Formula. Tidak hanya semata bisnis, kami juga selalu berusaha menjalankan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat. Dan kami tidak menjalankannya sendiri, kami menggandeng institusi-institusi yang memiliki visi yang sama,” papar Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT.

Pada program kali ini ada hal berbeda yang dilakukan oleh tim Formula, sesuai dengan visi baru OT Group, Go Beyond, melawan rasa puas. Yaitu, selain kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gigi, tim Formula juga melakukan edukasi dengan mendemokan percobaan “Eggsperimen”. Percobaan ini menggunakan medium kulit telur yang merupakan representasi gigi, sama-sama mengandung kalsium dan rentan terhadap serangan asam. Kulit telur yang sudah direndam dalam pasta gigi Formula relatif lebih kuat dan utuh jika dibandingkan kulit telur yang tidak direndam dalam pasta gigi Formula pada saat dimasukkan kedalam cairan cuka.

Ada beragam kegiatan sosial korporasi yang pernah dilakukan oleh Formula untuk Indonesia. Misalnya adalah penyuluhan dan pemeriksaan gigi gratis bagi anak-anak di PAUD maupun masyarakat umum di Pulau Jawa, Sumatera dan beberapa wilayah Indonesia lainnya. Selain itu, Formula juga bekerja sama dengan berbagai Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), seperti kegiatan bakti sosial yang dilakukan bersama FKG Prof. Dr. Moestopo berlokasi di wilayah pasca bencana Gunung Kelud (2014), bersama FKG Universitas Indonesia di Lombok, serta FKG Trisakti di Ambon (2014),  Kupang – NTT (2015), Belitung (2016) dan Kalimantan Barat (2017).

Konsisten pada misi mulianya, untuk kesempatan kali ini Formula untuk Indonesia  kembali bekerja sama dengan FKG Trisakti menjalankan aksi sosial di wilayah Indonesia Bagian Barat,  tepatnya di Kota Batam, Kepulauan Riau. “Di Kota Batam, Kepulauan Riau,  ditemukan angka rata- rata kejadian tingkat karies di 4,9. Angka yang terbilang tinggi. Di wilayah ini hanya ada 177 dokter gigi yang melayani kurang lebih 1.864.142 penduduk”  jelas Harianus.   “Padahal rasio idealnya menurut data WHO adalah 1 dokter untuk 2.500 penduduk” tambah Harianus.

“Kegiatan yang kami lakukan kali ini adalah Kegiatan Pengenalan Lapangan (KPL) mahasiswa FKG Trisakti sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Indonesia. Kami berharap kedatangan kami bersama Formula dapat membantu memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga dan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut melalui pendidikan kedokteran gigi. Disamping itu kegiatan KPL ini juga memberikan pengobatan gigi dan mulut bagi masyarakat termasuk anak-anak dan dewasa di Kota Batam, Kepulauan Riau” tegas Prof. Dr. drg. Tri Erri Astoeti, M.Kes dekan FKG Trisakti.

Kegiatan Formula untuk Indonesia bersama FKG Trisakti ini melibatkan 130 mahasiswa (Klinik dan Non Klinik), 37 panitia dan bagian pendidikan, serta 10 dosen dan staff pengajar. Bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, program ini ditargetkan dapat menangani kurang lebih 3.500 penduduk Kota Batam, Kepulauan Riau, melalui kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis serta upaya promotif melalui penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Yang diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat untuk merawat kesehatan gigi dan mulut mereka.

“Kesamaan misi untuk menyehatkan gigi dan mulut masyarakat Indonesia inilah, yang membuat FKG Trisakti berkolaborasi dengan Formula sejak tahun 2014. Kami harap tentunya, kerja sama ini dapat membantu pemerintah daerah mengatasi masalah gigi dan mulut, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, juga kedepannya dapat menjangkau daerah - daerah lain, karena masih banyak wilayah yang memerlukan bantuan semacam ini,” lanjut Prof. Erri

Berusaha mendukung berbagai pihak yang menjalankan kegiatan sosial untuk mengatasi permasalahan gigi dan mulut masyarakat Indonesia tentunya akan membantu Formula mencapai misi mulia Formula untuk Indonesia. “Komitmen ini akan terus kami jalankan. Ini adalah bukti kepedulian Formula sebagai merek asli Indonesia untuk terus berkontribusi positif bagi negeri, terutama dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia,” tutup Harianus.

Tentang Formula
Formula telah menemani dan menjaga kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia selama hampir 30 tahun. Berbagai produk berkualitas tinggi dan penuh inovasi telah diluncurkan.  Di tahun 2015, Formula melalui kampanye Formula untuk Indonesia melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali dan menggunakan pasta gigi yang terbukti melindungi gigi dari asam penyebab pengeroposan gigi. Kampanye ini telah dijalankan di beberapa kota, yaitu Palembang, Banten, Makassar, Sidoarjo, Tasikmalaya dan Medan.
Sebagai brand yang peduli akan  kesehatan gigi dan mulut masyarakat Formula hadir dalam 4 rangkaian produk untuk memenuhi kebutuhan gigi dan mulut yang berbeda-beda, yaitu Pencegah Gigi Berlubang (Pasta Gigi Formula Proteksi, Pasta Gigi Formula Action Protector, Pasta Gigi Formula Strong Protection), Fresh Breath (Pasta Gigi Formula Confident), Whitening (Pasta Gigi Formula Sparkling White), Antibacterial (Pasta gigi Formula Charcoal, pasta gigi pertama di Indonesia yang menggunakan micro charcoal, tea tree oil dan Bamboo Mint), serta Sikat Gigi Formula Flip Go yang keren dibawa dan mantap digenggam, yang menggunakan bulu sikat nano charcoal slim  0.01mm yang dapat membersihkan hingga ke sela – sela gigi dan menghambat pertumbuhan bakteri dan dikemas secara menarik.

Tentang OT
OT adalah perusahaan consumer goods yang memproduksi berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari. Berdiri sejak tahun 1948, berarti pada tahun 2018, OT sudah 70 tahun melayani masyarakat Indonesia. Di usianya yang ke-70, OT mengusung visi baru, GO BEYOND, yang diterjemahkan dalam slogan “LAWAN PUASMU”. Diartikan sebagai upaya untuk selalu mengalahkan prestasi-prestasi yang pernah diraih, dan melakukannya lebih baik lagi.
Berawal dari minuman kesehatan tradisional dengan bahan dan proses terstandar berkualitas tinggi, OT telah berkembang semakin modern tanpa meninggalkan nilai-nilai positif dan luhur yang dicetuskan oleh pendiri perusahaan.Beragam produk mulai dari makanan, minuman, hingga produk perawatan diri telah lama menjadi bagian dari kehidupan konsumen Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Formula, Tango, Teh Gelas, MintZ, Blaster, Oops, dan Kiranti. Bahkan, karena kualitasnya, produk OT telah hadir di pasar internasional dan dapat dinikmati oleh konsumen mancanegara.