Menciptakan Relasi Kerja Yang Baik

Persaingan dalam dunia kerja dan usaha, terkadang membuat pandangan antara satu dan yang lainnya menjadi tidak kompak. Alih-alih ingin menjadi yang terbaik, berbagai cara pun kerap kali dilakukan agar bisa saling menjatuhkan. Padahal, sebagai tim yang baik, pekerjaan seharusnya bisa dilakukan bersama-sama.

Bekerja dengan satu rekan kerja memang tidak selamanya menyenangkan. Ada kalanya kinerja seseorang meningkat, namun terkadang juga menurun. Sejalan dengan itu, binaan kekompakan pun dirasa perlu untuk bisa membangun sebuah tim yang solid. Selain menjaga hubungan baik, tim yang solid pun akan mengantarkan anda kepada suasana bekerja yang lebih menyenangkan. Oleh karenanya, perhatikan hal-hal berikut:

Kepercayaan

Tim yang solid didapat dari kepercayaan yang diberikan antara satu dan yang lainnya. Selama anda percaya kepada rekan anda, maka ia pun akan mempercayai anda. Namun kepercayaan tidak sebatas kepada rekan kerja, melainkan juga kepada konsumen yang telah mempercayai anda sebagai produsennya. Kesuksesan sebuah tim tergantung dari seberapa solid tim itu bekerja. Orang menggunakan jasa anda karena mereka percaya terhadap pelayanan dan kualitas yang anda berikan. Artinya, tim kerja harus mampu memberikan kepuasan tersebut dengan sebaik-baiknya.

 

Profesionalisme

Hindari sikap memusuhi ataupun merasa tersaingi jika dia lebih baik dari anda. Arti utama dari sebuah tim adalah kegagalan maupun kesuksesan adalah milik bersama. Artinya, kegagalannya adalah kegagalan anda, dan kesuksesannya adalah kesuksesan anda.

 

Rendah hati

Saat bergabung dalam tim, anda harus bisa membuka diri untuk belajar. Namun sulitnya, tidak semua orang mau menerima pembelajaran dari orang lain. Harga diri merasa dipertaruhkan ketika dia belajar dari seseorang yang tidak lebih tinggi darinya, baik dari segi harkat maupun derajat. Padahal, belajar tidak selalu harus dengan guru. Untuk menjadi rendah hati, anda tidak seharusnya memandang bulu. Mana yang seharusnya anda hormati dan mana yang tidak. Mana yang seharusnya anda hargai dan mana yang tidak. Untuk menciptakan kekompakan dalam tim, sifat membanding-bandingkan seperti ini sebaiknya dihilangkan.

 

Saling memotivasi

Tim tidak akan bisa bekerja optimal jika tanpa komunikasi yang baik. Saling memotivasi juga merupakan bentuk komunikasi. Sekalipun seseorang itu mencintai pekerjaannya, rasa lelah dan malas pastilah ada. Namun dengan saling memotivasi, kekompakan dalam tim sudah dipastikan akan selalu terjaga.

 

Komitmen

Setiap anggota tim harus memiliki visi dan misi yang sama guna mencapai keberhasilan yang terbaik. Sejauh mana kesiapan tim dalam membangun komitmen tersebut, itulah yang akan menjadi tolak ukur dari keberhasilan yang akan tim raih. Sejalan dengan waktu, beberapa hal akan mengalami perubahan satu persatu. Baik ataupun buruk perubahan itu, tim yang solid harus selalu siap menghadapinya.

 

Perbanyak diskusi

Jangan menganggap diri sebagai pihak yang selalu benar dan memutuskan segala hal berdasarkan pemikiran sendiri. Anda punya tim, dan anda harus mengikutsertakan pendapat mereka dalam setiap keputusan yang akan anda ambil. Tim yang solid akan didapat dengan adanya rasa saling menghargai satu sama lain.

 

Rekan kerja sekalian dari beberapa hal diatas apakah ada yang masih belum dilakukan? Coba renungkan kira-kira apa masalah utamanya dan bagaimana seharusnya solusi pemecahan masalahnya?

“Ketika kita suka dengan pekerjaan kita maka kita tidak akan merasa bahwa kita sedang bekerja” - Anonim